Oleh: kangmaswiwit | September 20, 2007

Muslim – Mukmin – Mutaqin

Share saja.

Dapet dari pengajian dhuhur di Telkomsel (Wisma Mulia lt.52).

Ketiganya berbeda ketika melaksanakan ibadah.

Seorang muslim biasa, contohnya dapat saja ia mengatakan. “gile, dah dhuhur lagi”, “iya yach, cepet banget ketemu ramadhan lagi, perasaan baru kemarin”, dll. Kalimat yang mewakili adalah ibadah itu siksaan.

Seorang mukmin akan melakukan ibadah katakanlah sholat dengan asumsi berikut. Merasa ada yang kurang ketika kemudian dia sadar bahwa, oh iya aku belum solat dhuhur.  Kalimat yang mewakili adalah ibadah itu kebiasaan.

Nah, yang terakhir ini yang tingkatannya paling tinggi. Sang ustadz mencontohkan ketika dia menemui anak didiknya. Ketika dijenguk ke rumah, ternyata dia sedang menangis di kamarnya. Setelah diusut, ternyata dia menangis karena semalam terlelap tidurnya, jadi tidak melaksanakan solat tahajud. Dan dia menangis sejadi2nya karena merasa kehilangan kesempatan menikmati solat itu. Jadi, kalimat yang mewakili mutaqin ini adalah ibadah itu kenikmatan.

Subhanalloh… mantap kalipun.

Pesan dari sang ustadz. Katakanlah di bulan Ramadhan ibadah kita melejit tinggi. Tapi parameter kita agar tidak dikatakan sebagai orang celaka setelah bulan ini adalah ketika masih ada bekasnya di bulan2 berikutnya, 11 bulan berikutnya. Katakan saja, di bulan suci ini kita melaksanakan ibadah solat malam 11 rokaat. Minimal, setidaknya, kita di bulan syawal mampu ibadah solat malam 1 rokaat. Klo masih kagak sanggup, ya 1 minggu 1 kali. Kurang juga? Ya, kagak usah pake Iftitah. Yang penting kan rutin.

-Mudah2an bermanfaat-


Responses

  1. klo ibadah karena kebutuhan, disebutnya apa?imo, fasting is practically taking a break from our daily sins, well of course, theoretically it has to be a life time break😀

  2. Kebutuhan? Mungkin masuk ke kategori kenikmatan kali. Mirip yang nangis2 itu.

  3. kalo kamu sendiri masuk yg mana Wit???

  4. Marilah kita menjadi lebih baik.
    That’s all for now Bro.

  5. setuju mas,
    saya juga sempat curat-coret tentang golongan dan sifat manusia yg saya rangkum dari berbagai sumber (& tafsir), tidak menutup kemungkinan untuk diedit🙂
    mudah2an bermanfaat…
    salam,

    http://temp-zzz.blogspot.com/2009/03/golongan-sifat-manusia-terhadap.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: