Oleh: kangmaswiwit | November 24, 2006

Kebenaran Subjektif vs Kebenaran Objektif

Bismillah…

Menyimak khotib di Salman ketika sholat Jumat tadi…

Menarik. Ia memulai dengan permainan bilangan ‘7’ yang sering muncul di lafadz Al-Qur’an. Artinya bisa diasumsi dari dua sudut pandang. Sudut pandang haqiqi berarti 7 mewakili arti jumlah sebenarnya. Bila dikatakan, langit ada 7 berarti ada benar2 ada 7 lapisan. Tapi dengan pengertian majasi, maka #7 berarti suatu jumlah yang lebih.

Dalam dunia akademisi, jumlah yang besar sekali, kita sering mengistilahkannya dengan bilangan tidak berhingga. Dan bilangan tersebut lebih kecil dari bilangan tidak berhingga kuadrat. Tapi untuk mendefinisikan bilangan paling besar, digunakan bilangan tidak berhingga absolut.

Hal yang menjadikan hati ini mantap adalah mengenai sudut pandang. Bahwa dunia ini real tapi tetap ada pengecualian. Maksudnya, semuanya mengikuti sunatulloh, tapi ada hal2 yang tidak, yaitu saat mukjizat para nabi terjadi. Contoh: dinginnya api yang membakar tubuh nabi Ibrahim. Dan inilah yang menuju pada kebenaran subjektif.

Al-Qur’an itu benar secara subjektif ALLOH. Ia mempersilahkan para hamba-Nya untuk memilih ikut dengan kebenaran itu atau tidak. Berbeda dengan kebenaran objektif, ini dinilai berdasarkan banyaknya orang yang sepakat dengan hal itu. Contoh, kertas ini putih, dan menurut sebagian besar orang yang melihat mengatakannya putih. Maka, kebenarannya adalah kertas itu putih. Tapi sifatnya objektif.

Ketika ALLOH menyuruh para putri untuk menggunakan jilbab, maka itu mutlak dan benar secara subjektif dari ALLOH. Terserah, para ahli sekarang memperbolehkan putri tidak menggunakan jilbab karena alasan tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Intinya ALLOH telah memberikan petunjuk yang jelas, satu jalur ke surga dan jalur lain ke neraka.

Any comment so far?

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: